REVIEW MOBIL SUZUKI ESCUDO SB416 GEN 1 (1994-2001)
 |
Suzuki Escudo JLX |
Suzuki Escudo SB416 merupakan salah satu SUV Lansiran Suzuki yang awalnya diproduksi pada Tahun 1994. Sekilas, memang Suzuki Escudo tidak ada beda dengan kembarannya Suzuki Vitara yang diproduksi pada tahun 1992-1995. Hanya saja yang membedakannya, Vitara berpenggerak 4WD (Four Wheel Drive) sedangkan Escudo merupakan versi 4x2nya. Untuk Mesin, sama-sama masih menggunakan G16A, 8 Valve, SOHC berkapasitas 1.590 cc (1.6 L) yang mampu mengeluarkan Tenaga maksimal sebesar 85 HP. Kendati berpenggerak 2WD, Suzuki Escudo juga mampu melibas Medan Off-Road ringan hingga menengah dikarenakan suspensi kakinya yang gagah namun tak kalah nyaman dipakai di dalam Kota (On-Road).
Harga banderol Mobil ini juga relatif stabil, yakni dikisaran 40-60 juta tergantung kondisinya. Hanya saja, banyak dari Pemilik mobil Suzuki Escudo ini mengeluhkan Konsumsi Bahan Bakarnya yang cukup boros. Untuk pemakaian dalam kota, 1 Liter bensinnya hanya dapat menempuh jarak 7-8 Km. Sedangkan untuk pemakaian Jarak jauh, 1 Liternya bisa menempuh jarak 10-11 Km. Hal ini dikarenakan, Mesin G16A yang dibenamkan di Mobil ini masih menggunakan Sistem Karburator. Namun untuk suspensinya, baik VES (Vitara, Escudo & Sidekick) jauh lebih nyaman dari Suzuki Jimny/Katana yang terkenal keras akan bantingannya & juga sudah menggunakan Transmisi 5 Speed Manual. Kapasitas Tangki Bahan Bakarnya pun berkisar diantara 35-40 Liter.
Barulah setelah 1 tahun peluncuran Escudo, barulah pada 1995 Suzuki kembali meluncurkan Suzuki Sidekick (4x2) yang merupakan Varian yang paling bawah diantara saudaranya, Vitara dan Escudo. Adapun fitur-fitur yang disediakan di Sidekick ini dipangkas untuk menekan harga jualnya. Seperti ditiadakannya fitur Power Window & Electric Mirror serta kualitas bahan Joknya agak rendah dibandingkan saudaranya Escudo dan Vitara. Barulah pada tahun 1997, Suzuki mengeluarkan Versi terbarunya yakni Sidekick Drag 1 yang dimana kualitas joknya lebih sedikit berkelas. Namun tetap saja demikian, Sidekick merupakan Varian paling bawah di VES.
 |
Interior Dashboard Suzuki Escudo JLX Nomade (1997-2001) |
Di tahun yang bersamaan juga, Escudo mengalami Perubahan Lampu Facelift, Penambahan Side Moulding & Perubahan pada bentuk Instrumen Dashboard yang dimana Versi ini dinamakan Suzuki Escudo Nomade yang diproduksi dalam rentang kurun tahun 1997 hingga 2001. Harga banderol Escudo Nomade sendiri masih tergolong relatif tinggi mengingat Versi ini merupakan Kasta tertinggi dari Suzuki Escudo yakni dikisaran harga 60-70 Juta saja.
Seusai produksi Escudo Nomade yang berakhir pada tahun 2001, Suzuki tetap mengeluarkan Versi Escudo Gen 2 (2001-2006) akan tetapi telah mengalami perubahan yang signifikan terutama dari Body, Interior & eksteriornya sampai dapur pacunya pun juga telah mengalami perubahan. Yang dimana telah ditawarkan 2 pilihan mesin yang masing-masing berkapasitas 1.6 L & 2.0 L. Produksi Suzuki Escudo Gen 2 berakhir pada tahun 2006 & digantikan oleh Suzuki Grand Vitara. Sayangnya, Grand Vitara tidak mengusung penggerak 4WD seperti saudaranya Suzuki Vitara yang pernah beredar di Indonesia pada tahun 1992-1995 dengan desain Body & Interior yang jauh lebih elegan. Transmisinya pun juga sudah ada yang Automatic, untuk dapur pacunya sendiri Grand Vitara juga mempunyai 2 pilihan Opsi Mesin, 2.0 L & 2.4 L.
Spesifikasi Suzuki Escudo
·
Mesin : Karburator
G16A 1,6 L SOHC 16 katup 4 silinder segaris
·
Tenaga : Output maksimal
85 HP / 6.000 rpm (rotation per minute)
·
Transmisi : 5 Speed Manual 1
Mundur
·
Tenaga Maksimal/HP : 14,6 kgm / 4.500 rpm (rotation per
minute)
·
Suspensi : Macpherson struts
(depan) dan Rigif axle 3 link (belakang
Kelebihan Suzuki Escudo JLX/Nomade
·
Suspensi Tebal,
·
Material Body Tebal,
·
Interior menarik,
·
Model tidak kaku/Fleksibel,
·
Perawatan mudah,
·
Suku Cadang mudah didapatkan,
·
Mudah dimodif ke berbagai aliran,
·
Harga sangat stabil,
·
Ketahanan mesin sangat baik,
·
Bulit quality termasuk bagus
Kekurangan Suzuki Escudo JLX/Nomade
·
Mesin masih menggunakan Sistem Pembakaran karburator,
·
Cukup Boros BBM. Dalkot 1: 7-8 dan Lukot 1:10-11,
·
AC kurang dingin,
·
Mesin gampang overheat,
·
Tenaga kurang besar,
·
Kopling sangat sensitif
Tidak ada komentar:
Posting Komentar